Menggali Wawasan Nutrisi Anak dari Acara PIT Bidan 2023 bersama Dr. dr. Meta Herdiana Hanindita

schedule 2 min read
Topic(s): Pertumbuhan & Perkembangan Nutrisi & Penanganan Penyakit
Antusias peserta PIT Bidan 2023

 

Dr. dr. Meta Herdiana Hanindita, Sp.A(K), seorang ahli nutrisi anak, menjadi pembicara dalam acara Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) Bidan 2023 yang berlangsung pada 4 November 2023 di Jakarta International Expo. Dalam acara yang dimoderatori oleh Bidan Ony Christy dan disajikan dalam format bincang-bincang, Dr. Meta menyoroti kaitan antara nutrisi dan perkembangan kognitif anak.

Dalam presentasinya, Dr. Meta menekankan bahwa nutrisi yang memadai memiliki dampak signifikan pada pertumbuhan dan perkembangan otak anak. Menurutnya, periode 1000 hari pertama kehidupan (HPK) merupakan periode kritis di mana pertumbuhan otak mencapai puncaknya. Oleh karena itu, menyediakan nutrisi optimal selama periode ini menjadi kunci untuk memastikan tumbuh kembang optimal.

Dr. Meta menyoroti pentingnya Air Susu Ibu (ASI) eksklusif sebagai sumber nutrisi utama untuk perkembangan otak yang optimal. ASI mengandung zat-zat penting seperti DHA dan zat besi yang sangat berperan dalam perkembangan otak anak. Namun, jika ASI tidak tersedia, susu formula dengan kandungan DHA dan zat besi yang mencukupi dapat menjadi alternatif yang baik.Selanjutnya, Dr. Meta menekankan perlunya memberikan Makanan Pendamping ASI (MPASI) yang seimbang setelah anak mencapai usia 6 bulan. MPASI yang seimbang tidak hanya memenuhi kebutuhan nutrisi anak tetapi juga membantu membentuk kebiasaan makan sehat dan memperkenalkan anak pada berbagai jenis makanan.

Dalam konteks lebih luas, Dr. Meta menjelaskan bahwa nutrisi tidak hanya memengaruhi perkembangan kognitif, tetapi juga aspek motorik dan sosial emosional anak. Nutrisi yang cukup mendukung kemampuan kognitif, motorik, dan sosial emosional anak, menciptakan dasar yang kuat untuk masa depan mereka.Meskipun menekankan pentingnya nutrisi, Dr. Meta juga memberikan peringatan tentang dampak buruk kelebihan nutrisi, terutama gula dan lemak, yang dapat menyebabkan obesitas dan masalah kesehatan lainnya.

Oleh karena itu, peran orang tua dan tenaga medis dalam memastikan anak-anak mendapatkan nutrisi seimbang menjadi krusial.Dalam rangkaian presentasinya, Dr. dr. Meta Herdiana Hanindita, Sp.A(K), juga membahas pentingnya nutrisi dalam mendukung anak-anak dengan kondisi kesehatan khusus, seperti gangguan pertumbuhan, gangguan pencernaan, stres, trauma, masalah perilaku, dan kesehatan mental. Nutrisi yang tepat dapat menjadi kunci untuk mempercepat proses penyembuhan dan meningkatkan kesejahteraan anak-anak tersebut.