Video Nutrisi

Video nutrisi kami merupakan pembelajaran yang diberikan oleh ahli gizi terkemuka yang direkam di konferensi nutrisi global serta lokakarya yang membahas topik nutrisi secara luas. Diskusi ini gratis bagi anggota Nestlé Nutrition Institute dan mencakup semua topik nutrisi yang sedang hangat didiskusikan saat ini.

Filter by nutrition topic

Berbagai faktor yang dapat menyebabkan alergi pada anak. Dari bahan makanan yang di konsumsi, faktor lingkungan dan juga riwayat alergi pada keluarga. Dalam video ini, Prof. Dr. dr. Budi Setiabudiawan, Sp.A(K). M.Kes akan memaparkan secara rinci mengenai faktor-faktor pencetus alergi pada anak.

Disbiosis dapat menyebabkan berbagai macam hal, mulai dari gangguan saluran cerna , gangguan penyerapan nutrisi, gangguan imunitas, gangguan psikologis sampai gangguan tumbuh kembang anak di kemudian hari. Gangguan keseimbangan mikrobiota dapat dimodulasi, salah satunya dengan pemberian nutrisi yang tepat sehingga gangguan-gangguan ini dapat dihindari. Dalam video berikut, dr. Yudith Setiati Ermaya, SpA(K). M.Kes akan memparkan secara detail mengenai dampak disbiosis pada anak.

Mikrobiota usus memegang peranan penting tidak hanya untuk mendukung kesehatan pencernaan tetapi juga tumbuh kembang dan daya tahan tubuh yang optimal. Mikrobiota usus juga terlibat dalam patogenesis gangguan saluran cerna fungsional yang umum dijumpai di awal kehidupan. Walaupun terlihat sepele, tetapi gangguan saluran cerna fungsional menjadi salah satu penyebab utama mengunjungi tenaga kesehatan serta dapat mengganggu kualitas hidup anak dan keluarga. Sehingga penting untuk mendukung kesehatan mikrobiota usus untuk membantu mengurangi risiko gangguan saluran cerna fungsional dan akhirnya mendukung kualitas hidup anak dan keluarga yang optimal.

Pada video ini Prof Yvan Vandenplas juga menjelaskan mengenai Happy Tummy, penelitian real world evidence yang dilakukan di 6 negara termasuk Indonesia dan bertujuan untuk mengamati efektivitas penggunaan formula yang mengandung L. reuteri secara observasional. Hasilnya menunjukkan kelompok formula dengan L. reuteri memiliki kenyamanan saluran cerna yang lebih baik dibandingkan kelompok yang mendapat formula lainnya.

Anak dengan alergi berpotensi mengalami keterlambatan pertumbuhan dan perkembangan. Selain itu, alergi juga dapat mengakibatkan dampak psikologis dan kualitas hidup pada anak dan orang tua. Berikut penjelasan yang akan disampaikan oleh Prof. Dr. dr. Budi Setiabudiawan, SpA(K), M.Kes , yang merupakan Konsultan Alergi Imunologi Anak mengenai dampak alergi pada pertumbuhan anak.

Kualitas hidup merupakan persepsi subjektif dari individu terhadap kondisi fisik, psikologis, sosial, dan lingkungan dalam kehidupan sehari-hari yang dialaminya yang dipengaruhi oleh faktor medis dan psikologis. Bagaimana kita dapat meningkatkan quality of life atau kualitas hidup melalui kesehatan saluran cerna ? Berikut penjelasan yang akan disampaikan oleh dr. Yudith Setiati Ermaya, Sp.A(K), M.Kes, yang merupakan dokter Konsultan Gastroenterologi Hepatologi anak.

Diare merupakan salah satu masalah kesehatan di Indonesia yang menyebabkan kematian pada bayi dan balita. Pemberian nutrisi pada anak saat mengalami diare perlu diperhatikan untuk membantu pemulihan diare. Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai manajemen nutrisi pada saat anak diare yang disampaikan oleh Dokter Spesialis Anak Konsultan Gastrohepatologi, Prof. dr. Badriul Hegar, Ph.d, Sp.A(K), dan Dokter Spesialis Anak Konsultan Nutrisi dan Penyakit Metabolik, Prof. Dr. dr. Aryono Hendarto, Sp.A(K), MPH .

World Allergy Organization (WAO) melaporkan 22% penduduk dunia menderita alergi dan terus meningkat setiap tahun. Bagaimana dengan angka kejadian alergi pada anak Indonesia?
Cari tahu angka kejadian alergi pada anak di Indonesia yang disampaikan oleh Prof. Dr. dr. Budi Setiabudiawan, SpA(K), M.Kes , yang merupakan Konsultan Alergi Imunologi Anak.

Bagaimana pengaruh gut-brain axis bagi tumbuh kembang anak?
Cari tahu tentang pentingnya saluran cerna bagi kesehatan dan tumbuh kembang anak yang disampaikan oleh dr. Yudith Setiati Ermaya, Sp.A(K),M.Kes yang merupakan Spesialis Anak Konsultan Gastro Hepatologi.