Strain Probiotik Terbukti Memiliki Beberapa Manfaat Pada Bayi Prematur

1 min read /
Pertumbuhan & Perkembangan Berat Badan Lahir Rendah

Momok Necrotising Enterocolitis dan penyakit usus lainnya tampak besar pada bayi prematur. Sebuah tinjauan baru-baru ini menemukan bahwa suplementasi nutrisi enteral dengan strain tertentu dari probiotik, yaitu Lactobacillus reuteri DSM 17938 bisa mengurangi risiko Necrotising Enterocolitis dan intoleransi makanan pada bayi prematur.

Dipublikasikan secara online dalam the Journal of Parenteral and Enteral Nutrition (JPEN), penelitian ini mengulas percobaan acak-terkontrol (Randomised Controlled Trial/RCT) dan non-RCT suplementasi L. reuteri DSM 17938 pada bayi prematur.

Para peneliti mengikut-sertakan studi yang membandingkan pemberian enteral L. reuteri DSM 17938 maupun “mother strain”-nya yaitu L. reuteri ATCC 55730 dalam 10 hari pertama kehidupan dan dilanjutkan selama 7 hari dengan placebo atau kontrol, dan penelitian lain yang membandingkan L. reuteri DSM 17938 dengan strain probiotik lainnya.

Tinjauan RCT menemukan adanya perbaikan pada NEC namun tidak signifikan secara statistik, sedangkan non-RCT menunjukkan perbaikan yang signifikan. Meskipun para peneliti menekankan perlunya studi lebih besar untuk sampai pada hasil positif, yang pasti temuan ini menunjukkan bahwa suplementasi L. reuteri DSM 17938 memiliki potensi tidak hanya untuk mengurangi risiko NEC tetapi juga untuk memfasilitasi pemberian nutrisi enteral pada bayi prematur.v

Sumber berita: - Klik di sini!

http://www.medicalnewstoday.com/releases/295127.php