Riset Penatalaksanaan Dermatitis Atopik pada Pasien Anak di Amerika Serikat, Dipublikasikan di Journal of Pediatrics

2 min read /
Alergi Pertumbuhan & Perkembangan Mikrobiota Usus

Hasil survey 3 dokter spesialis anak tentang penatalaksanaan Dermatitis Atopik pada anak. United States. J Pediatr 2013;163:1747-53.

Penelitian tentang praktik penatalaksanaan Dermatitis Atopik (AD) pada pasien pediatrik di Amerika Serikat dipublikasikan pada Journal of Pediatrics edisi Desember 2013. Penelitian dalam bentuk survey ini merupakan penilaian komprehensif yang dihimpun dari berbagai praktik intervensi kesehatan rutin dalam aspek penatalaksanaan atau terapi AD anak usia kurang dari 3 tahun, dimana prosedur yang dievaluasi merupakan prosedur rutin yang dilakukan di Amerika Serikat.  AD adalah penyakit kulit yang paling sering dan kronis  pada pasien bayi dan anak di Amerika Serikat. Survey ini melibatkan 153 dokter termasuk dokter spesialis anak, spesialis alergi dan spesialis kulit dari sejumlah negara bagian di Amerika Serikat. Pendekatan terapi AD yang didokumentasikan pada survey ini adalah prosedur farmakologis dan intervensi diet atau nutrisi.  Hasil penelitian ini menunjukan, para dokter terutama dokter spesialis kulit sangat mengandalkan pendekatan farmakologis dibanding pendekatan diet atau nutrisi pada pasien mereka dengan AD.  Lebih lanjut hasil survey ini juga diperoleh data bahwa ketika para dokter menggunakan pendekatan diet atau nutrisi, banyak diantara mereka merekomendasikan formula soya atau protein kedelai meskipun sebenarnya evidence based medicine terhadap pendekatan terapi dengan formula protein kedelai untuk AD masih sangat tidak adekuat dan lemah. Para peneliti menyimpulkan terdapat perbedaan nyata dan signifikan dalam aspek terapi AD diantara para dokter yang mengikuti survey, kemungkinan disebabkan belum adanya pendekatan standard yang adekuat untuk terapi AD pada anak. Publikasi ini menekankan adanya kebutuhan penting terhadap metode penatalaksanaan AD yang konsisten di kalangan tenaga kesehatan.

Cuplikan penuh dalam format PDF bisa di unduh pada: 

Saavedra JM, Boguniewicz M, Chamlin S, Lake A, Nedorost S, Czerkies LA, Patel V, Botteman MF, Horodniceanu EG. Patterns of Clinical Management of Atopic Dermatitis in Infants and Toddlers: A Survey of Three Physician Specialties in the United States.J Pediatr 2013; 163:1747-53.