Sehat, Dari Kepala Hingga Kaki Karena Probiotik

2 min read /
Alergi Pertumbuhan & Perkembangan Mikrobiota Usus Malnutrisi

Apakah Anda tahu bahwa suasana hati, alergi dan bahkan obesitas dapat dipengaruhi oleh bakteri usus, yang bahkan jumlahnya melebihi jumlah sel-sel manusia dalam tubuh? Disebut Bakteri probiotik, mereka hidup sesuai dengan nama Latin mereka yang berarti 'hidup'. Para ahli menyarankan untuk memasukkan bakteri menguntungkan ini dalam menu harian secara teratur untuk menjaga kondisi kesehatan.

Penelitian menunjukkan bahwa bakteri probiotik membantu menjaga kondisi saluran cerna seperti saat pemakaian antibiotic terkait diare dan sindrom iritasi usus besar. Efeknya tidak hanya untuk saluran pencernaan karena probiotik juga membantu dalam mengendalikan peradangan dalam tubuh, melawan infeksi saluran kemih dan bahkan memperbaiki kondisi kulit seperti eksim dan dermatitis.

Bakteri probiotik membawa efek menguntungkan dengan mencegah kolonisasi bakteri pathogen dalam usus. Mereka juga membantu mencerna serat untuk membantu pasien dengan sindrom iritasi usus besar. Jadi bagaimana memastikan kecukupan akan bakteri baik ini agar bermanfaat bagi kesehatan tubuh? Para ahli menyarankan untuk membaca label produk untuk memeriksa 3 poin penting berikut ini:

  1. Idealnya terdiri dari kombinasi Lactobacillus acidophilus, Bifidus dan Lactobacillus casei.
  2. Jika produk ditambahkan prebiotik, cari yang menambahkan prebiotik sebesar 1-3 gram
  3. Pastikan untuk melihat kandungan gula, karena minuman dengan probiotik biasanya ditambahkan gula.

Para ahli juga menyarankan suplemen dalam kasus pasien yang memiliki pantangan lainnya. Namun, para ahli juga terdengar hati-hati karena bakteri probiotik tidak dapat ditoleransi dengan baik oleh pasien immune suppressed dan mereka yang menderita pankreatitis.

"Memasukkan probiotik dalam diet seseorang bukanlah sebuah metode cepat ataupun pengobatan akan tetapi dapat memiliki pengaruh kuat pada kesehatan seseorang," demikian disimpulkan oleh ahli dari UW Health.

Sumber berita: - Klik di sini!

http://www.healthcanal.com/digestive-system/61544-probiotics-and-your-health.html